Situs Dunia Mancing Indonesia dan Grosir Alat Pancing Spesial

Powered by Blogger.

Seni Membuat Umpan Popper

Kayu adalah sumber bahan alam yang terbatas. Ia diciptakan oleh Allah SWT untuk makhluknya di bumi, baik manusia maupun hewan. Dari sebuah kayu dapat menghasilkan beragam bentuk indah yang bernilai tinggi tatkala dikelola dan berada di tangan yang tepat. Salah satunya merupakan kerajinan kayu berupa umpan popper. Bukan kerajinan besi ya..hehe.

harga umpan popper mahal
Harga Umpan Popper Terbilang Mahal
Yup tentu saja, umpan popper paling jinak dan paling baik adalah yang berbahan dasar dari kayu. Ada juga sih yang mengolahnya secara pintar dari bahan fiber, yakni serat plastik yang dicampur resin. Namun tetap saja daya tarik umpan ini yang dari kayu tetaplah unik sebab nilainya dan tingkat daya seninya yang masih disukai dan diakui penggemar mancing popping.

Harga Umpan Popper

Tentu saja bila mencermati pengolahan dasar pembuatan umpan popper ini maka harganya kalo dibuat kasaran terbilang murah, namun tidak demikian. Penambahan nilai plus pada sebuah umpan tersebutlah yang membuatnya menjadi mahal.

Apa sajakah nilai plus pada umpan kayu tersebut sehingga terbilang mahal? maka jawabannya adalah begini : 

Bentuk umpan popper unik : dibentuk dengan suatu pemikiran dan tujuan agar gerakannya nanti sesuai keinginan pembuat atau pemesan agar seperti ikan.

Gerak umpan kayu popper : Dari yang asalnya kayu kotak menjadi bentuk tertentu yang mengandung gerakan entah itu naik turun atau goyang inur ngebor tentu saja kudu melalui percobaan2. Sebab tiap biji akan berbeda-beda.

Pewarnaan umpan popper yang mengkilap : disamping bentuk dan gerakan tadi, maka warna sangat berpengaruh. Perhitungannya adalah untuk mancing di waktu malam, siang, pagi atau sore. Sebab dampak warna pada situasi tersebut berbeda pengaruhnya pada ikan tujuan pemancing mania.

Proses pengecatan pada umpan popper kayu

Pengecatan yang berkali-kali pada sebuah umpan popper turut mengambil peran pada penentuan harga umpan popper tersebut. Pertama adalah warna dasar yakni poxy, lalu didiamkan sampai benar-benar kering dan tidak ada bintik-bintik. Baru kemudian dicat, entah itu 3 macam warna atau kurang, namun tetaplah tidak bisa satu hari pengerjaannya. 

Berikutnya adalah proses akhir pengecatan menggunakan clear. Bila pengecatan yang kedua telah benar-benar sip, maka pada proses clear tidak akan terjadi 'bahaya' seperti bintik atau gembuk.

Nah, sekarang anda tahu kan mengapa sebuah umpan popper itu berharga jual antara 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Tentu saja penetapan harga ini tidak sembarangan : bahan mentah+proses+nilai plus+desain+gengsi+kebutuhan permintaan = Harga Umpan Popper terbilang mahal.

.
 
Protected by Copyscape Web Plagiarism Check